RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
SMK 1 PGRI BANDUNG
Mata Pelajaran : Kewirausahaan
Kelas/ Semester : XI
/ 1
Pertemuan : 1 dan 2
Pertemuan : 1 dan 2
Standar Kompetensi : Merencanakan usaha
kecil/mikro
Kompetensi Dasar : Menganalisis peluang usaha
Indikator : Memahami kemampuan dalam pemanfaatan
usaha
Mengidentifikasi peluang usaha
Dapat menangkap peluang usaha
Alokasi Waktu :
4 x 45 Menit (2 pertemuan)
- TUJUAN PEMBELAJARAN
Pertemuan ke-1
-
Siswa mampu mengidentifikasi peluang dan resiko usaha
-
Siswa mampu mendeskripsikan
faktor-faktor keberhasilan dan kegagalan usaha
-
Siswa mampu
mengembangkan ide dan peluang usaha
·
Pertemuan ke-2
-
Siswa mampu menganalisis kemungkinan keberhasilan dan kegagalan
-
Siswa mampu
memetakan peluang usaha
-
Siswa mampu
pemanfaatan peluang usaha secara kreatif dan inovatif
Jiwa kewirausahaan :
1.
Kreatif
2.
Rasa ingin
tahu
3.
Disiplin
4.
Kerja keras
5.
Mandiri
- MATERI PEMBELAJARAN
·
Peluang dan
resiko usaha
·
Faktor-faktor
keberhasilan dan kegagalan usaha
·
Mengembangkan
ide dan peluang usaha
·
Menganalisis
kemungkinan keberhasilan dan kegagalan
·
Memetakan
peluang usaha
·
Pemanfaatan
peluang secara kreatif dan inovatif
C. PENDEKATAN PEMBELAJARAN
·
Kontekstual
D. METODE
PEMBELAJARAN
·
Ceramah
·
Tanya Jawab
·
Diskusi Kelas
·
Observasi
·
Presentasi
E. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
1.
Kegiatan Awal (alokasi waktu 30 menit)
Apersepsi
Ø Mengatur dan menciptakan kondisi agar kelas siap untuk melakukan
kegiatan pembelajaran (mengatur tempat duduk, absensi, dan berdoa).
Ø Guru menyampaikan tujuan dan topik pembelajaran guna lebih memotivasi
peserta didik untuk belajar.
Ø Guru bertanya atau memberikan uraian singkat untuk mengarahkan
perhatian peserta didik kepada materi yang akan diajarkan.
Motivasi
Ø Guru menayangkan video motivasi tentang kisah perjalanan
hidup seorang wirausaha sukses.
2.
Kegiatan Inti (alokasi waktu 120 menit)
Eksplorasi
Ø Guru menugaskan siswa mencari informasi tentang
peluang usaha melalui buku dan internet.
Ø Guru membentuk kelompok untuk melakukan observasi tempat
kegiatan usaha yang ada di lingkungan sekitarnya.
Elaborasi
Ø Siswa membaca buku mengenai
peluang usaha dan mencari informasi tentang peluang usaha melalui internet.
Ø Siswa melakukan observasi tempat kegiatan usaha
yang ada di lingkungan sekitarnya.
Ø Siswa membuat laporan observasi tempat kegiatan
usaha.
Ø Siswa melakukan presentasi hasil observasi tempat
kegiatan usaha.
Konfirmasi
Ø Melakukan tanya jawab dan diskusi kelas bersama
siswa.
Ø Memberikan umpan balik dan penguatan terhadap
materi yang telah dipelajari siswa.
Ø Memberikan motivasi kepada siswa tentang manfaat
berwirausaha.
Ø Meminta siswa untuk merefleksi atas pembelajaran
yang telah dialaminya.
3.
Kegiatan Akhir (alokasi waktu 30 menit)
Ø Guru dan siswa membuat rangkuman dan kesimpulan hasil pembelajaran.
Ø Guru menginformasikan materi yang akan datang
F. SUMBER DAN ALAT BELAJAR
a)
Sumber
1.
Buku
Kewirausahaan, penerbit Erlangga
2.
Modul
Kewirausahaan
3.
LKS
Kewirausahaan
4.
Internet
b) Alat
1.
Pulpen
2.
Spidol
3.
Papan Tulis (White Board)
4.
Penghapus
5.
Infocus
6.
Notebook/ laptop
G. PENILAIAN
1. Tugas
2. Tes tertulis
Mengetahui, Jakarta, 18 Desember 2013
Kepala Sekolah, Guru Mata
Pelajaran,
Chaerul Basri .,S.E Diky
Parwito
Tidak ada komentar:
Posting Komentar